Ancaman Paling Umum dari Internet

10 Ancaman Paling Umum dari Internet

10 Ancaman Paling Umum dari Internet – Tahukah Anda terdapat ancaman paling umum dari internet? Tidak ada keraguan bahwa Anda harus waspada online.

Baca Juga: Peran Signifikan Internet dalam Dunia Pendidikan

Ketika World Wide Web telah berkembang selama bertahun-tahun, banyak internet nasties telah bermain pada kerentanan untuk menyerang komputer dan mengambil data sensitif dari individu. Separuh dari waktu, kami bahkan tidak menyadari itu terjadi sampai terlambat.

Baca Juga: 50 Ide Bisnis Online

Sementara internet adalah tempat yang fantastis untuk komunikasi dan informasi, ada banyak ancaman jahat yang perlu Anda hindari di sepanjang jalan.

Spam

Fakta bahwa sebagian besar akun email kami datang dengan folder ‘Spam’ atau ‘Sampah’ menyiratkan bahwa email spam adalah masalah besar, dengan lebih dari 50% email disaring ke dalam folder-folder ini. Selain sebagai gangguan, email spam bukanlah ancaman langsung. Namun, banyak spam yang bisa mengandung malware.

Adware

Adware adalah jenis perangkat lunak malware yang menampilkan iklan yang tidak diinginkan ketika pengguna menjelajahi internet. Iklan sering mengarahkan pencarian Anda ke situs web iklan dan mengumpulkan data pemasaran tentang Anda, di belakang Anda, yang dianggap berbahaya.

Baca Juga: Internet of Things yang Menjadi Internet of Threats

Adware sering disertakan dalam banyak unduhan shareware atau freeware sebagai cara yang sah untuk menghasilkan pendapatan iklan yang membantu pengembangan dana. Namun, beberapa situs web terinfeksi dengan adware berbahaya yang kami unduh secara otomatis ke komputer Anda. Ketika unduhan telah selesai, Trojans menginfeksi.

Trojan

Trojans membuat komputer Anda sepenuhnya tidak terlindungi, yang dapat berarti bahwa peretas dapat mencuri data apa pun dari sistem Anda. Trojan sering menampilkan dirinya sebagai program komputer yang tidak berbahaya sehingga peretas dapat menembus komputer Anda tanpa terdeteksi.

Virus

Salah satu ancaman internet yang paling banyak dibicarakan adalah virus. Virus biasanya menempel secara diam-diam ke unduhan karena dirancang untuk menyebar pada tingkat yang mengkhawatirkan. Virus sering dilampirkan ke file untuk diunduh, dibagikan melalui CD, DVD, dan stik USB, atau dimuat ke komputer dengan membuka lampiran email yang terinfeksi.

Baca Juga: Apa Ancaman dengan Tipe Berbeda yang Ada di Internet?

Worms

Worms biasanya masuk ke komputer melalui lampiran email berbahaya atau stik USB. Setelah komputer Anda terinfeksi oleh worms, ia kemungkinan akan mengirim dirinya sendiri ke setiap alamat email yang masuk ke sistem Anda. Bagi penerima, email Anda akan tampak tidak berbahaya, sampai mereka membukanya dan terinfeksi oleh worms yang sama.

Phishing

Dalam istilah yang paling sederhana, phishing adalah bentuk kegiatan penipuan. Lebih seringnya, email yang tampak resmi dikirim dengan penyamaran sebagai penyedia layanan yang terkenal, seperti bank. Email-email ini dikirim untuk mendapatkan kata sandi orang dan detail kartu kredit.

Spyware

Bentuk lain dari malware adalah spyware. Spyware adalah internet jahat yang mencakup semua dan biasanya melekat pada pop-up file yang dapat diunduh. Setelah diinstal pada komputer Anda, spyware dapat memonitor ketikan Anda, membaca dan menghapus file Anda, memformat ulang hard drive Anda, dan mengakses aplikasi Anda. Siapa pun yang mengendalikan spyware memiliki akses ke detail pribadi Anda tanpa Anda sadari.

Baca Juga: 10 Ancaman Umum dari Internet, Beserta Penjelasan

Keyloggers

Mirip dengan bagian dari spyware, keyloggers merekam tindakan keyboard pengguna. Kebanyakan keyloggers akan mencari entri kunci yang dapat dibedakan, seperti detail kartu bank dan kata sandi. Keylogging sering dikaitkan dengan pencurian identitas dan kekayaan intelektual.

Pharming

Pharming adalah versi phishing yang lebih kompleks yang mengeksploitasi sistem DNS. Pharmer atau orang yang melakukan pharming, sering membuat halaman web yang meniru bisnis yang dapat dipercaya, seperti halaman login perbankan online. Pengguna kemudian akan memasukkan detail mereka, mengira mereka masuk ke layanan mereka yang biasa, dan detail mereka akan dicuri oleh apotek.

Baca Juga: 7 Keuntungan Besar dari Internet Marketing untuk Bisnis

Software Keamanan yang Memberontak

Jika Anda pernah mengunduh program antivirus atau anti-spyware, pastikan Anda telah membelinya dari sumber yang sah. Software keamanan yang tidak bertanggung jawab akan sering meminta Anda untuk membayar perlindungan ekstra, yang merupakan bentuk penipuan besar. Software keamanan Anda sama sekali tidak berguna dan penjahat ini telah merampas uang Anda.

Baca Juga: Internet Akan Terus Membuat Hidup Lebih Baik

Nah, itulah beberapa ancaman paling umum dari internet yang perlu Anda ketahui. Sehabis dari situ Anda dapat mengisi waktu luang dengan bermain judi online yang sangat mudah atau juga memperoleh segala informasi tentang pekerjaan di sini.